SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH :
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
BOBOT SKS : 2 SKS
DOSEN PEMBINA :
DR. HJ. SRI PANCA SETYAWATI, M.Pd.
MOH. FAUZIDDIN, S.Ag, M.Pd
DESKRIPSI
MATA KULIAH : Mengkaji, 1. Karakteristik
peserta didik dari masing-masing jenjang pendidikan yang meliputi aspek (a)
biologis, (b) kognitif, (c) afektif, (d) psikomotorik, (e) sosial, (f) moral,
dan (g) Bahasa. 2. Implementasi hakikat peserta didik dalam proses pembelajaran
dan bimbingan di sekolah.
Pertemuan
ke
|
Materi
|
Keterangan
|
1
|
Kontrak Mata
Kuliah
|
|
2
|
a.
Hakekat
peserta didik
b.
Hakekat
peserta didik menurut pandangan antropologi
c.
Hakekat
peserta didik menurut pandangan agama
|
|
3
|
Kedudukan
peserta didik dalam proses pembelajaran
|
|
4
|
Hakekat
pertumbuhan dan perkembangan
|
|
5
|
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
|
|
6
|
Hukum – hukum
pertumbuhan dan perkembangan
|
|
7
|
a.
Pertumbuhan
jasmani anak usia sekolah dasar
b.
Perkembangan
intelek dan perasaan anak usia SD
|
|
8
|
UTS
|
|
9
|
a.
Perkembangan
bahasa anak usia SD
b.
Perkembangan
aspek moral dan sikap anak usia SD
|
|
10
|
Karakteristik
anak usia SD
|
|
11
|
Tugas-tugas
perkembangan anak usia SD
|
|
12
|
Cara
penyelenggaraan pendidikan pada jenjang SD
|
|
13
|
a.
Konsep dasar
bimbingan di sekolah
b.
Fungsi dan
tujuan bimbingan di sekolah
|
|
14
|
c.
Macam-macam
bimbingan di sekolah
d.
Prinsip-prinsip
dasar bimbingan di sekolah
|
|
15
|
e.
Langkah-langkah
bimbingan di sekolah
f.
Peran serta
guru dalam layanan bimbingan peserta didik di sekolah
|
|
16
|
UAS
|
|
Sumber
Belajar
1.
Kartini,
Kartono. 1999. Psikologi Perkembangan Anak. Bandung. Bandar Maju
2.
Mulyadi
Sumantri. Nana Syaodih. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta. UT
3.
Rubino
Rubiyanto dkk. 2003. Landasan kependidikan. Surakarta. Muhammadiyah
University Press
Tidak ada komentar:
Posting Komentar