Selasa, 02 Juli 2013

KUMPULAN LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU PGSD-(S1)


DIBAWAH INI KUMPULAN JUDUL LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL(PKP) GURU PGSD-(S1)
jika anda ingin memiliki Skripsinya Lengkap
(dari bab awal sampai akhir termasuk daftpstka,tabel-tabel & gambr)
dengan Judul Dibawah ini dlm format(Ms.Word)
Silahkanhub.08563056386(eko)(SMS aja)
anda hanya mengganti ongkos pengetikan MURAH(100rb/judul)
pembayaran melalui transfer antar BANK, pengriman via email.
Caranya berkas akan kirim duluan via email anda tetapi berpassword, setelah anda melakukan pembanyaran, maka password akan dikirim via sms ke no.hp anda.

(UNTUK CONTOH JUDUL-JUDUL YANG LAIN  DISINI)

 1. PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA KEADAAN AWAN DAN CUACA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN BLABAN IV

2. PENGGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN BLABAN IV

3. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBANDINGKAN DUA PECAHAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI GAMBAR SISWA KELAS V SDN TAMPOJUNG GUWA

4. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMPELAJARI BENTUK-BENTUK KEPUTUSAN BERSAMA MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE DISKUSI DAN BERMAIN PERAN SISWA KELAS V SDN TAMPOJUNG GUWA

5. MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGENAL SEJARAH UANG MELALUI METODE DISKUSI UNTUK PELAJARAN IPS KELAS III SDN POTOAN DAYA I KECAMATAN PELENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

6. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI JENIS DAN BESAR SUDUT MELALUI METODE PENUGASAN DI KELAS III SDN POTOAN DAYA I KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

7. UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SDN POTOAN DAYA I KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

8. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS IV SDN POTOAN DAYA I KECAMATAN PALENGAAN KABUPATEN PAMEKASAN

9. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SDN PADEMAWU BARAT II KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN

10. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGANISASI DI SEKOLAH MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL DI SDN PADEMAWU BARAT II KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN

11. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS III SDN AMBAT I KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN

12. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI AMBAT I KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN

13. UPAYA MENINGKATKAN MOTIFASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG ENERGI DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SDN DUKO TIMUR II KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN

14. PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SDN DUKO TIMUR II KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN PAMEKASAN

15.PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN
MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENELADANI NILAI-NILAI JUANG PARA TOKOH YANG BERPERAN DALAM
PERUMUSAN PANCASILA DI KELAS VI SDN JUNGKARANG I
KECAMATAN JRENGIK KABUPATEN SAMPANG

16.PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN
MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR PADA SISWA
DI KELAS VI SDN JUNGKARANG I KECAMATAN JRENGIK KABUPATEN SAMPANG

17. PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR DALAM  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO 04 KECAMATAN PINANG BELAPIS KABUPATEN LEBONG

18. PENGGUNAAN METODE KARYA WISATA DAN CONTEXTUAL TEACHING & LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PELAJARAN IPA
PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BABAKTULUNG
 KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG

19. PENGGUNAAN METODE DISKUSI & MEDIA CETAK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 BABAKTULUNG
 KECAMATAN SARANG KABUPATEN REMBANG

20. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE PENUGASAN SISWA KELAS III SDN PONJANAN BARAT I KECAMATAN BATUMARMAR KABUPATEN PAMEKASAN

  

DIBAWAH INI CONTOH SEBAGIAN STRUKTUR PENULISAN DAN KELENGKAPAN BERKASNYA :

LAPORAN PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL

PENGGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KEGIATAN JUAL BELI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN BLABAN IV

UNIVERSITAS TERBUKA

ABSTRAK

Surkiyatun, 2010. “Penggunaan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Kegiatan Jual Beli pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN Blaban IV”.

Kata Kunci : Simulasi, peningkatan, kemampuan.

Proses belajar mengajar di SDN Blaban IV Kabupaten Pamekasan dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala, sarana dan prasarana yang memadai dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas III untuk materi “Memahami kegiatan jual beli” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Dari 17 orang siswa, hanya 8 orang (47%) yang berhasil mencapai nilai minimal 65, dan sebanyak 9 orang (53%) masih belum tuntas.

Dari hasil refleksi awal terhadap masalah di atas, peneliti sebagai guru kelas III bersama teman sejawat guru sepakat bahwa untuk meningkatkan penguasaan siswa tentang materi Memahami kegiatan jual beli, diperlukan metode pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar yaitu berupa simulai tukar menukar uang untuk peningkatan penguasaan materi pelajaran. Hal ini dipandang penting, karena salah satu karakteristik belajar siswa SD adalah belajar sambil bermain (learning by playing).

Masalahnya adalah bagaimana penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada siswa kelas III SDN Blaban IV Kabupaten Pamekasan.

Berdasarkan hasil perbaikan pembelajaran pada siklus II seperti telah dikemukakan di atas, didapatkan rata-rata nilai siswa 76,76 dan jumlah siswa yang tuntas belajarnya adalah 15 siswa sehingga hanya 2 siswa yang belum tuntas belajarnya. Dari jumlah yang tuntas belajar tersebut didapatkan ketuntasan 88,23%. Hal ini berarti ketuntasan klasikal sudah tercapai. Karena dikatakan tuntas belajar jika di kelas tersebut telah terdapat lebih dari 80% siswa tuntas belajar

Berdasarkan temuan di atas, penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran tentang proses terjadinya siang dan malam mampu meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa kelas III SDN Blaban IV Kabupaten Pamekasan.

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL i

LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN ii

SURAT PERNYATAAN iii

KATA PENGANTAR iv

DAFTAR ISI .. v

DAFTAR TABEL vi

ABSTRAK vii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah 1

B. Rumusan Masalah 3

C. Tujuan Penelitian 4

D. Manfaat Penelitian 4

BAB II KAJIAN PUSTAKA

A. Hakekat IPS 5

B. Belajar IPS 6

C. Metode Simulasi dalam Pembelajaran IPS di SD 7

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A. Subjek Penelitian 11

B. Deskripsi Per Siklus 11

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Per Siklus 16

B. Pembahasan Dari Setiap Siklus 24

BAB V PENUTUP 27

A. Kesimpulan 27

B. Saran 27

DAFTAR PUSTAKA 28

LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 1 Hasil Tes Akhir pada Perbaikan Pembelajaran Siklus I 14

Tabel 2 Respon Siswa Terhadap Perbaikan Pembelajaran Siklus I 15

Tabel 3 Hasil Tes Akhir pada Perbaikan Pembelajaran Siklus II 16

Tabel 4 Respon Siswa Terhadap Perbaikan Pembelajaran Siklus II 18

Pak Eko
Jl.KH.Agussalim V
Pamekasan-JATIM 69314
Hp.08563056386
Pengiriman :
1. Melalui Email Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar