Selasa, 02 Juli 2013

Kajian Kurikulum IPA SD

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu komponen penting dari sistem pendidikan adalah kurikulum karena kurikulum merupakan komponen yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan. Sedangkan pembelajaran terkait dengan tujuan dan rencana kurikulum, yang difokuskan pada persoalan metodologi, seperti teknik mengajar, kegiatan implementasi sumber, dan alat pengukuran yang digunkaan dalam situasi belajar-mengajar yang khusus. Jadi, perencanaan kurikulum adalah suatu konsep generik yang meliputi perencanaan kurikulum dan desain instruksional.
Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum KTSP yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah, karakter sekolah, sosial budaya masyarakat setempat dan karakter peserta didik. KTSP disusun, dikembangkan dan dilaksanakan satuan pendidikan yang sudah siap dan mampu mengembangkannya dengan memperhatikan UU No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 36 ayat 1 dan 2.
IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pembelajaran IPA dilaksanakan secara inqury ilmiah, untuk menumbuhkan kemampuan berpikir bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikanya sebagai kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan ketrampilan proses dan sikap ilmiah.
SD Negeri Lalung 1 Karanganyar adalah salah satu satuan pendidikan yang ada di Kecamatan Karanganyar yang memiliki karakteristik tersendiri. Karakatersitik SD ini adalah daerah pertanian, industri, dan pariwisata. Dengan karakteristik tersebut, maka SD tersebut mampukah mengembangkan kurikulum yang ada.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1. Bagaimanakah profil sekolah SD Negeri 01 Lalung Karanganyar secara singkat?
2. Kurikulum apa yang digunakan di SD Negeri 01 Lalung Karanganyar?
3. Bagaimanakah Substansi, cakupan serta penataan dari Kurikulum yang digunakan SD Negeri 01 Lalung Karanganyar?
4. Apa sajakah buku pelajaran (text book) yang digunakan untuk menunjang pembelajaran IPA kelas VI?
5. Bagaimanakah relevansi kurikulum dengan text book yang digunakan di SD Negeri 01 Lalung Karanganyar?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan Penulisan Laporan Observasi ini adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui kurikulum apa yang digunakan pada SD tersebut
2. Mengetahui subtansi, cakupan, dan aspek penataan dari kurikulum yang digunakan di SD tersebut
3. Mengetahui text book IPA kelas IV yang digunakaan di SD tersebut
4. Mengetahui relevansi antara kurilum dengan text book IPA di SD tersebut
D. Manfaat Penulisan
1. Dapat menambah pengetahuan mahasiswa mengenai kurikulum secara nyata
2. Dapat memberikan gambaran tentang apa saja yang ada dalam kurikulum SD
3. Dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai kurikulum dan text book IPA SD pada khususnya
4. Dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi yang membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar